Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Setiap manusia pasti membutuhkan uang. Walaupun uang bukan segalanya tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup sangat memerlukan uang. Untuk mendapatkan uang sudah pasti caranya dengan bekerja, kecuali emang anak orang kaya yang hartanya 7 turunan, 7 tanjakan tidak akan habis, atau dengan melakukan cara-cara haram seperti ternak tuyul, babi ngepet dan sebagainya.

Yang ingin kita bicarakan adalah pekerjaan yang halal, karena energi yang halal akan membukakan jalan pikiran dan hati kita ke arah positif pula.

Untuk melamar pekerjaan biasanya dan pada umumnya dibutuhkan surat lamaran pekerjaan, walaupun pekerjaan tersebut hanya sebagai cleaning service misalnya atau untuk yang berpendidikan SMP misalnya. Untuk masalah surat lamaran pekerjaan ini ternyata banyak yang tidak mengerti cara pembuatannya, bahkan aku pernah mengetikkan surat lamaran seorang anak yang tamatan sekolah kejuruan bagian sekretaris tetapi ironis tidak tau cara membuat surat lamaran pekerjaan.

Kalau zaman dahulu surat lamaran pekerjaan tidak boleh diketik karena menurut beberapa perusahaan, mereka bisa menilai kepribadian calon pelamar dari tulisan tersebut tetapi seiring perkembangan zaman sekarang sudah jarang sekali orang melamar pekerjaan dengan memakai tulisan tangan, kebanyakan pake print komputer. Alasannya juga bisa dimaklumi, mungkin karena dengan print komputer si calon pelamar setidaknya pernah melihat komputer walaupun belum tentu bisa menggunakannya. Ha... Ha... Ha...

Yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan tersebut adalah tata bahasa yang baik dan benar serta kerapiannya. Pada sebagian perusahaan juga memperhitungkan letak posisi baris demi baris kata dan kalimat.

Nah... Untuk itu, disini aku akan menjelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar. Bukan aku yang mengatakan surat lamaran ini baik dan benar, tetapi guru yang mengajarkan sewaktu sekolah yang mengatakannya. Tetapi Alhamdulillah, setamat dari sekolah begitu aku melamar pekerjaan langsung di terima, dan perusahaannya lumayan terkenal juga di daerah Medan dan sekitarnya.

Untuk tidak membuang-buang waktu, berikut ini akan aku berikan contoh surat lamaran yang telah aku pakai buat melamar tersebut.

<!--- Contoh Surat Lamaran Kerja ---!>

Medan, 2 Oktober 2015
Kepada Yth :
Bapak/Ibu Pimpinan
MANCHESTER UNITED
Di
Medan

Hal       : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan dibutuhkannya beberapa orang tenaga kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
Tempat/Tgl Lahir
Jenis Kelamin
Agama
Alamat
No. Telp/HP
: Jun Akatsuki
: Amegakure, 32 - 13 - 1901
: Perjaka Tulen
: Islam
: Hidden Village, Amegakure
: 081 2345 6789

Memohon kehadapan Bapak/Ibu Pimpinan agar sudilah kiranya menerima saya sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin tersebut.
Adapun sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, disini turut saya lampirkan :

1.      Foto Copy STTB/Ijazah SMA 
2.      Daftar Riwayat Hidup
3.      Foto Copy Sertifikat Komputer
4.      Foto Copy Kerja Praktek Komputer
5.      Foto Copy KTP
6.      Pas Photo Ukuran 3 x 4
1 Lembar
1 Lembar
1 Lembar
1 Lembar
1 Lembar
2 Lembar

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan kehadapan Bapak/Ibu Pimpinan dengan harapan agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

TANDA TANGAN

( Nama Pelamar )

<!--- Selesai ---!>

Demikianlah contoh surat lamaran yang baik dan benar, tidak terlalu banyak gaya, tidak banyak variasi tetapi bernilai tinggi. Silahkan anda copy dan paste di Microsoft Word.

Yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran yaitu :
  • Lampiran : Tidak perlu lagi melampirkan Surat Lamaran Pekerjaan karena yang dimaksud sebagai lampiran tersebut adalah yang menyertai surat lamaran tersebut.
  • Lampiran : Jika ada lampiran lainnya, harap letakkan sebelum Foto Copy KTP dan Pas Photo, karena pada intinya kedua lampiran tersebut posisinya emang paling bawah walaupun jika di klip bersama surat lamaran pekerjaan pasti paling depan karena mereka ukurannya paling kecil.
  • Huruf : Harap memakai huruf (font) Times New Roman atau Arial, tidak usah banyak gaya pake huruf lainnya jika anda serius untuk melamar pekerjaan.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Reviewed by Unknown on February 19, 2017 Rating: 5